SIAHAAN, MONIKA (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5133311012 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM.5133311012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3. NIM.5133311012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM.5133311012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM.5133311012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM.5133311012 TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM.5133311012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM.5133311012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM.5133311012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM.5133311012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. NIM.5133311012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik pada kompetensi dasar Menerapkan besaran skalar, vektor, sistem satuan, menguraikan dan menggabungkan gaya dan hukum Newton di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan yang berjumlah 34 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus I terdapat 24 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 8 soal mudah dan 16 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 1 soal buruk, 7 soal cukup, 8 soal baik, dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 soal terdapat 25 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 4 soal mudah dan 21 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 8 soal baik, dan 17 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,92 (sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,22 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,16. Selanjutnya perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75,25 dengan persentase kelulusan 70,59% meningkat pada siklus II menjadi 84,47 dengan persentase lulus 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 045 |
Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI);Aktivitas Siswa;Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:57 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37733 |