Barus, Rina Oktaviani (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI-AK SMK NEGERI 13 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7133342017_COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM.7133342017_LEMBAR PENGESAHAN FIX.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM.7133342017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM.7133342017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM.7133342017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM.7133342017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM.7133342017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM.7133342017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM.7133342017_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM.7133342017_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM.7133342017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-AK yang berjumlah 37 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 11 siswa (29,73%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 32 siswa (86,5%) hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar yakni ≥75% siswa dalam kelas telah mencapai kategori aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 4 siswa (10,81%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 42,30, sedangkan pada siklus I terdapat 16 siswa (43,24%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 63,65. Dan pada siklus II terdapat 32 siswa (86,49%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 85,81. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI-AK SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 191 |
Keywords: | Discovery Learning, Lesson Study, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37729 |