LUMBANTORUAN, JUBEL H (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAPELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK NEGERI 1 LINTONG NIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113311010 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM. 5113311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 5113311010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
4. NIM. 5113311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
5. NIM. 5113311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM. 5113311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 5113311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 5113311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM. 5113311010 BAB I.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
13. NIM. 5113311010 BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM. 5113311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu BahanBangunanpada Indikator jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik kayu serta kuat tarik dan tekan kayu.
Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 23 soal pada siklus I dan terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat terdapat 20 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 12 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,96 (sangat tinggi). Pada siklus II terdapat 23 soal dan diperoleh 19 soal yang valid, uji tingkat kesukaran terdapat 18 soal sedang, dan 1 soal sulit, uji daya pembeda tes terdapat 11 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,95 (sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 80 dan berhasil secara klasikal jika 75% siswa yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan26,67% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,5 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran genius learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu bahan bangunan pada siswa kelas x program keahlian konstruksibatubeton di smk n 1 lintongnihuta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 050 |
Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING ,HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37653 |