PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAPELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK NEGERI 1 LINTONG NIHUTA

LUMBANTORUAN, JUBEL H (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAPELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK NEGERI 1 LINTONG NIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.  5113311010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113311010 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.  5113311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.  5113311010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113311010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.  5113311010 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  5113311010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.  5113311010 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.  5113311010 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.  5113311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.  5113311010 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113311010 BAB I.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.  5113311010 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113311010 BAB V.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.  5113311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu BahanBangunanpada Indikator jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik kayu serta kuat tarik dan tekan kayu.
Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 23 soal pada siklus I dan terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat terdapat 20 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 12 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,96 (sangat tinggi). Pada siklus II terdapat 23 soal dan diperoleh 19 soal yang valid, uji tingkat kesukaran terdapat 18 soal sedang, dan 1 soal sulit, uji daya pembeda tes terdapat 11 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,95 (sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 80 dan berhasil secara klasikal jika 75% siswa yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan26,67% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,5 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran genius learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu bahan bangunan pada siswa kelas x program keahlian konstruksibatubeton di smk n 1 lintongnihuta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BAN 050
Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING ,HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:48
Last Modified: 27 Feb 2020 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37653

Actions (login required)

View Item
View Item