Rizkysriayuni (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131131043 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4131131043 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM 4131131043 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. NIM 4131131043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM 4131131043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM 4131131043 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7. NIM 4131131043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4131131043 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM 4131131043 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
10. NIM 4131131043 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
14. NIM 4131131043 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
15. NIM 4131131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa yang mendapat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Macromedia Flash dan model PBL menggunakan Mind Mapping, serta mengetahui hubungan keaktifan dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Tanjung Pura T.P. 2016/2017. Sampel kelas diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh dua kelas yang terdiri dari 30 siswa. Kelas eksperimen I yang diajar dengan model PBL menggunakan Macromedia Flash dan kelas eksperimen II dengan model PBL menggunakan Mind Mapping. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes (20 soal yang sudah valid) dan non tes (lembar observasi keaktifan siswa). Berdasarkan hasil uji persyaratan data, pre-test dan post-test pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis I tentang perbedaan hasil belajar pada 0,05 diperoleh thitung>ttabel (2,20>2,00) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak; Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga dengan model PBL menggunakan media Macromedia Flash dan PBL menggunakan media Mind Mapping. Uji hipotesis II mengenai perbedaan keaktifan siswa diperoleh thitung>ttabel (4,29>2,00) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak; Ada perbedaan yang signifikan antara keaktifan siswa pada pokok bahasan larutan penyangga dengan model PBL menggunakan media Macromedia Flash dan PBL menggunakan media Mind Mapping. Uji hipotesis III dan IV tentang hubungan keaktifan dengan hasil belajar, pada kelas eksperimen I diperoleh rhitung= 0,80, pada kelas ekperimen II diperoleh rhitung = 0,88. Sehingga rhitung>rtabel (0,80>0,3610) dan (0,88>0,3610) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak; Ada korelasi positif antara keaktifan dengan hasil belajar siswa pada model PBL dengan media Macromedia Flash dan Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 253 |
Keywords: | Keaktifan;Macromedia Flash;Mind Mapping;Problem Based Learning; Larutan Penyangga |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37651 |