Utami, Ngesti Purwanti (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X SMK PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341073 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 7133341073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM 7133341073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM 7133341073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 7133341073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
6. NIM 7133341073 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 7133341073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7133341073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
12. NIM 7133341073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
13. NIM 7133341073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar siswa serta fasilitas yang ada sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Pencawan Medan pada mata pelajaran korespondensi tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Pencawan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Pencawan Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 orang, dimana teknik pemgambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode total sampling yang artinya sampel total berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner dengan menggunakan rumus Product Moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Dari hasil perhitunganan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = a + b1X1 + b2X2 Y =37,236+ 0,404X1 + 0,295X2 Berdasarkan uji t (Parsial) ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan perhitungan thitung> t tabel atau 3.189 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0.05 sama halnya dengan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan prestasi belajar siswa dengan perhitungan t hitung> t tabel (2.380> 1.672). dengan nilai signifikansi 0,021 < 0.05. ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa melalui uji F (Simultan) dengan perhitungan fhitung > ftabel atau (56.066> 3.16) dan nilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05.
Jadi dapat disimpulkan bahwa variable motivasi belajar (X1), fasilitas belajar (X2) ,mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable prestasi belajar (Y) baik secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 093 |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37650 |