PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018

Marpaung, Faisal (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5123122019 COPER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 5123122019 COPER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 5123122019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 5123122019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 5123122019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 5123122019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 5123122019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 5123122019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 5123122019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 5123122019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 5123122019 TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 5123122019 TABLE.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 5123122019 APENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 5123122019 APENDICES.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 5123122019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 5123122019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5123122019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5123122019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5123122019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5123122019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan model PBL (Problem Based Learning) dan Ekspositori yang dilengkapi modul pada Diklat alat ukur kelas X TSM SMK Negeri 1 Sei Rampah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling jenis random assigment yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan Kelas X TSM 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan model PBL (Problem Based Learning), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model Ekspositori dilengkapi modul. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan dengan model PBL(Problem Based Learning) dan Model Ekspositori yang dilengkapi modul. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,354 > 1,670 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 OTM 043
Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:47
Last Modified: 27 Feb 2020 03:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37647

Actions (login required)

View Item
View Item