NURHALIMAH SIREGAR (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR MENULIS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351040_COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 1133351040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
3. NIM. 1133351040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1133351040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 1133351040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 1133351040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1133351040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1133351040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1133351040_BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM. 1133351040_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1133351040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah apakah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan belajar menulis pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar menulis melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan menggunakan dua siklus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis angket keterampilan belajar menulis yang diberikan kepada 31 orang siswa, maka diperoleh subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa yang terdiri dari 1 orang siswa memperoleh skor dengan kriteria tinggi, 3 siswa dengan kriteria sedang, dan 6 siswa dengan kriteria rendah, pengambilan subjek melalui teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 1 orang (10%); sebanyak 3 orang (30%) pada kategori sedang, dan sebanyak 6 orang (60%) pada kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan terdapat 4 orang (40%) berada pada kategori tinggi, 3 orang siswa (30%) berada pada kategori sedang, 3 orang (30%) berada pada kategori rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu terdapat 8 orang (80%) berada pada kategori tinggi dan 2 orang (20%) berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan belajar menulis pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 094 |
Keywords: | KETERAMPILAN BELAJAR MENULIS;BIMBINGAN KELOMPOK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:46 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37622 |