SIREGAR, HENNI RAHAYU (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MATERI MIKROBIOLOGI MAKANAN PADA MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNIMED. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
8156173007 1. Judul.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8156173007 2. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (968kB) | Preview
8156173007 3. Abstrak B. Indonesia + B. Inggris.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
8156173007 4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8156173007 5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
8156173007 6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
8156173007 7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
8156173007 8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
8156173007 9. Bab I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
8156173007 13. Bab V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
8156173007 14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis inkuiri kontekstual, terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa pada materi Mikrobiologi makanan bagi Mahasiswa Biologi FMIPA Unimed. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Research and Development. Sampel penelitian ini dipilih secara acak dengan menggunakan dua kelas, satu kelas yang menggunakan RPS berbasis inkuiri kontekstual (eksperimen) dan satu kelas konvensional (kontrol). Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan RPS, instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket yang digunakan untuk validasi RPS oleh tim ahli materi, desain, doen mikrobiologi, uji coba perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok terbatas terhadap RPS berbasis inkuiri kontekstual. Uji coba produk yang dikembangkan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Instrumen yang digunakan pada setiap proses pembelajaran berupa angket dan soal dalam bentuk essay. Hasil penelitian para ahli yaitu ahli materi terhadap kelayakan isi sebesar (93,75%), terhadap kelayakan penyajian (91,44%), dan kelompok inkuiri kontekstual (87,82%) dengan kriteria sangat baik, ahli desain sebesar (89,06%) dengan kriteria sangat baik, penilaian dosen sebesar 94,44 % dengan kriteria sangat baik, uji perorangan (86,66%) dengan kriteria sangat baik. Pengempulan data uji coba produk dilakukan dengan postest. Hasil analisis data menggunakan uji-t. berdasarkan hasil uji t pada berpikiri tingkat tinggi diperoleh (thitung= 4,908 ; p =0,000), pada keterampilan proses sains (thitung= 5,86 ; p =0,000) dan sikap ilmiah (thitung= 8,277; p =0,000) dari hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah materi mikrobiologi makanan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RPS berbasis inkuiri kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah, materi mikrobiologi makanan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran mikrobiologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Berpikir Tingkat Tinggi; Inkuiri Kontekstual; Kerampilan Proses Sains, Rps, Sikap Ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37525 |