HASRI, ANNISA (2020) PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DI SMAN KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3151131006 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 3151131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. NIM. 3151131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 3151131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 3151131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 3151131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM. 3151131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM. 3151131006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 3151131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
14. NIM. 3151131006 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
15. NIM. 3151131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan blog sebagai sumber belajar geografi materi pengelolaan sumber daya alam indonesia di SMAN Kecamatan Percut Sei Tuan.
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, dengan populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS di SMAN 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 139 siswa dan kelas XI IPS di SMAN 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 69 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 35 siswa dan kelas XI IPS 1 SMAN 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian adalah pengembangan (research and development/R&D) yang menggunakan model Borg and Gall dengan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi kelayakan blog sebagai sumber belajar geografi dilakukan 2 tahap yaitu validasi tahap 1 sebelum revisi dan validasi tahap 2 sesudah direvisi. Pada validasi tahap 1 perolehan nilai kelayakan blog sebagai sumber belajar geografi sebesar (87,27%) dengan kriteria layak direvisi seperlunya. Setelah dilakukan perbaikan sesuai saran penilai maka selanjutnya dilakukan validasi tahap 2 yang mengalami peningkatan perolehan nilai kelayakan blog sebagai sumber belajar geografi sebesar (93,89%) dengan kriteria sangat layak tanpa revisi. Dalam perolehan nilai siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 dan 2 Percut Sei Tuan memiliki perbedaan penilaian indikator. Siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Percut Sei Tuan menilai lebih rendah pada indikator kejelasan menu sedangkan siswa kelas XI IPS 1 SMAN 2 Percut Sei Tuan menilai lebih rendah pada indikator ketepatan pemilihan warna background. Namun demikian secara keseluruhan blog layak digunakan sebagai sumber belajar dan dapat diakses melalui link www.pendidikangeografi.school.blog.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 GEO 007 |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF1021 Commercial geography. Economic geography T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:38 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37514 |