MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI MODEL PROJECT CITIZEN

Yusuf, Rusli and Sanusi and Maimun and Hayati, Erna and Fajri, Iwan (2019) MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI MODEL PROJECT CITIZEN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 185-200. ISSN 978-623-92463-0-3

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan literasi digital siswa melalui model project citizen di sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa yang di SMAN 1 Kutapanjang Gayo Lues. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa sebelum dan sesudah dilakukan proses pembelajaran melalui model project citizen. Instrumen kuesioner menggunakan skala likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban alternatif. Instrumen dikembangkan dari 3 indikator literasi digital yang terdiri dari 15 pernyataan. Salah satu pernyataan yang ditanyakan saya
menggunakan teknologi digital dalam mengerjakan tugas sekolah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji beda (uji-t). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap literasi digital. Penerapan model project
citizen dapat meningkatkan literasi digital siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Jan 2020 07:10
Last Modified: 31 Jan 2020 07:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37511

Actions (login required)

View Item
View Item