IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SIKAP PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA KARTIKA XIX-12 BANDUNG)

Hutabarat, Putra Kaslin and Sumantri, Endang (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SIKAP PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA KARTIKA XIX-12 BANDUNG). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 151-170. ISSN 978-623-92463-0-3

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan karakter menjadi hal yang fundamental untuk diselesaikan oleh bangsa ini. Kasus penyimpangan sosial juga semakin marak terjadi di kalangan remaja. Masalah
tawuran, narkoba, radikalisme dan rasisme muncul ke permukaan sosial. Sekolah tidak menjadi solusi tunggal dalam menyelesaikan persoalan ini. Penelitian ini fokus
pada implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat dalam peningkatan kesadaran peduli sosial peserta didik di SMA Kartika XIX-2 Bandung. Lingkungan masyarakat sangat penting untuk membantu berlangsungnya proses pembiasaan karakter sesuai dengan nilai-nilai luhur yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif
kualitatif untuk menggali secara mendalam proses dan implementasi PPK yang dilakukan sekolah dengan masyarakat. Adapun Informan dalam penelitian ini
dilakukan dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) oleh Ibu Dra. Diah Novianti dan Ketua Osis SMA Kartika XIX-12 Bandung. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian dan pembuatan kesimpulan penelitian. Dari hasil penelitian dapat diamati dan diketahui bahwa sekolah SMA Kartika XIX- 12 Bandung melibatkan masyarakat dalam proses penguatan pendidikan karakter. Kerjasama sekolah dengan pihak masyarakat sangat membantu tercapainya aktualisasi pendidikan karakter melalui kegiatan religius, bela negara dan griya
estetika. Selayaknya proses penguatan pendidikan karakter tidak hanya terbatas kepada pemberian pengetahuan, tapi sebagai aktualisasi karakter peduli sosial di lingkungan masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:45
Last Modified: 31 Jan 2020 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37509

Actions (login required)

View Item
View Item