Sihaloho, Nahot Tua Parlindungan (2019) PARADIGMA KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 151-156. ISSN 978-623-92463-0-3
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengemban kedudukan dan fungsi sebagai pendidikan nilai, karakter, dan kewarganegaraan khas Indonesia. Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, para peserta didik sebagai bagian dari warga negara Indonesia diharapkan mampu memahami, menganalisis, dan menjawab masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Paradigma konstruktivisme dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dimaknai dengan penyusunan atau membentuk pengetahuan dari pengalaman konkrit, aktivitas kolaboratif, refleksi dan interpretasi sehingga para peserta didik termotivasi dalam menggali makna fisafat dan ideologi Pancasila serta memiliki kecakapan sikap kewarganegaraan Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 04:34 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37508 |