PELAKSANAAN LITERASI KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH

Maimun and Sanusi and Yusuf, Rusli and Putra, Irwan (2019) PELAKSANAAN LITERASI KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 143-150. ISSN 978-623-92463-0-3

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan kewarganegaraan dalam perkembangan zaman sekarang menjadi bagian yang sangat penting dalam bernegara. Bagian yang dimaksudkan supaya setiap individu memiliki kecakapan hidup dan rasa tanggung jawab untuk dapat berkontribusi dan menjaga keutuhan bangsa. Rendahnya pengetahuan kewarganegaraan dapat memicu kerusuhan dalam bernegara. Kerusuhan yang terjadi
dalam negara ini sangat tergantung dari pengetahuan kewarganegaraan yang mereka dapatkan. Terutama pengetahuan kewarganegaraan mengenai keberagaman dalam
bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk meliat proses pelaksanaan literasi kewarganegaraan di sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara secara mendalam dengan sejumlah narasumber mulai wakil kepala sekolah, guru PPKn dan juga siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan
literasi kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas di Kota Banda Aceh melalui proses pembelajaran dan juga melalui kegiatan non pembelajaran. Dalam proses pembelajaran literasi kewarganegaraan dilakukan melalui mata pelajaran PPKn yang di masukan dalam setiap materi yang akan diajarkan dengan pendalaman materi dengan proses pemberian tugas secara kontekstual dalam bermasyarakat dan juga melalui kegiatan Lembaga Negara disekolah. Sedangkan melalui kegiatan non pembelajaran, proses literasi kewarganegaraan dilakukan dengan melalui kegiatan-kegiatan sangar tari, kegiatan Parade of Art, Science and Religion (PASCAL) dan kegiatan panduan suara siswa untuk memberikan pemahaman siswa terhadap keberagaman dalam bernegara.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:21
Last Modified: 31 Jan 2020 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37507

Actions (login required)

View Item
View Item