Rahim, Abdul (2019) MEREFLEKSI KONSEP DASAR PENDIDIKAN MORAL DI INDONESIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 39-42. ISSN 978-623-92463-0-3
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Formalisme pendidikan di Indonesia saat ini diasumsikan pada dua metode yaitu metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung dimulai dengan menentukan perilaku yang dinilai baik, dengan cara indoktrinasi konsep moral. Strategi ini memusatkan perhatian secara langsung pada pembelajaran, melalui diskusi, ilustrasi, menghafal dan mengucapkan. Metode kedua adalah metode tidak langsung yang dimulai dengan menentukan perilaku yang diinginkan, tetapi dengan menciptakan situasi yang memungkinkan perilaku yang baik dapat dipraktikkan. Keseluruhan
pengalaman pembelajaran di sekolah maupun lingkungan digunakan untuk mengembangkan konsep moral yang baik. Konsep pembelajaran di Indonesia ternyata didominasi oleh pembelajaran langsung, sehingga proses indoktrinasi
menjadi salah satu ciri pembelajaran moral. Kecenderungan indoktrinasi ini menjadikan kegalauan bahwa indoktrinasi hanya akan menghasilkan dua kemungkinan. Pertama nilai-nilai yang diindoktrinasikan diserap bahkan dihafal luar
kepala, tetapi tidak terinternalisasi. Kedua, nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan, tetapi karena adanya pengawasan bukan karena kesadaran sendiri. Indoktrinasi dalam proses pembelajaran akan menghasilkan peserta didik yang mengerti akan moral, tetapi tidak dapat mengimplementasikan dalam kehidupan. Hal inilah yang memberikan dasar asumsi mengapa peserta didik kadang melakukan pelanggaran moral, padahal peserta didik memahami akan arti moral.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 03:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37491 |