POHAN, ROHANA ROMA (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA 1 SDN 107399 BANDAR KHALIFAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153111046_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1153111046_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM. 1153111046_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1153111046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1153111046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1153111046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1153111046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1153111046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1153111046_BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 1153111046_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 1153111046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 1 SDN 107399 Bandar Khalifah T.A 2019/2020.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Korelasi dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 107399 Bandar Khalifah sebanyak 50 orang. Penetapan sampel penelitian ini
sebanyak 25 orang dari jumlah populasi yang dapat mewakili populasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket motivasi belajar dan tes berupa soal pilihan berganda. Analisis data menggunakan teknik deskriptif korelasional dan persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas . Sedangkan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh untuk mengetahui hubungan
motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IVb di SDN 107399 Bandar Khalifah T.A 2019/2020 terbukti memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa. Hal ini di tunjukkan dengan perhitungan korelasi product moment diperoleh korelasi sebesar 0,869 menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa IVb di
SDN 107399 Bandar Khalifah T.A 2019/2020. Sedangkan nilai R2 sebesar 0,755 menjelaskan bahwa motivasi memberikan pengaruh sebesar 75,5% terhadap Hasil belajar Siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa niai thitung sebesar 8,420 pada taraf signifikan 5%. Jika dibandingkan dengan ttabel dengan dk 23 sebesar 1,71 maka nilai thitung > ttabel atau 8,420 > 1,71 yang berarti hipotesis yang manyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa kelas IVb di SDN 107399 Bandar Khalifah T.A 2019/2020 dapat diterima atau teruji kebenarannya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Tema 1 SDN 107399 Bandar Khalifah T.A 2019/2020. Dan hendaknya sejolah dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa dapat dengan senang hati dan memiliki keinginan untuk sunggu-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 284 |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:27 |
Last Modified: | 15 May 2020 22:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37449 |