SYAHPUTRA, YUDI (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI TINJAU DARI ASPEK PERENCANAAN BERUPA RPP KELAS V DI SD N 101801 DELI TUA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1143111069_COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 1143111069_LEMBAR PERSETUJUAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
3. NIM 1143111069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 1143111069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM 1143111069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 1143111069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM 1143111069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. NIM 1143111069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 1143111069_BAB I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM 1143111069_BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM 1143111069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini mengkaji tentang hasil analisis dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Kelas V milik guru kelas V di SD.N. 101801 Deli Tua. Kajian ini di latar belakangi oleh Pelaksanaan Kurikulum 2013 yang membutuhkan evaluasi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana orisinalitas RPP K13 kelas V semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 di SD.N. 101801 Deli Tua, (2) Bagaimana hasil analisis RPP k13 kelas V berdasarkan standar Kurikulum 2013, dan (3) Kendala apa saja yang dialami guru kelas V dalam penyusunan RPP. Permasalahan tersebut diteliti melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD.N. 101801 Deli Tua dengan jenis penelitian kualitatif, dan metode penelitiannya content analysis. Data diperoleh melalui beragam teknik pengumpulan data, diantaranya kuesioner, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dan dokumentasi. Dari hasil analisis diperoleh. Pertama, RPP yang digunakan oleh guru sebagai pedoman pembelajaran matematika kelas V semester Tahun Ajaran 2018/2019 di SD.N. 101801 Deli Tua tidak orisinil karena RPP tidak dibuat oleh guru sendiri, RPP merupakan hasil mengedit dari RPP yang di-download, dan RPP merupakan hasil mengedit RPP. Kedua, hasil analisis RPP milik guru kelas V l yakni SES dan EK menunjukkan skor 86,68 dan 87,04 sehingga RPP termasuk kategori baik standar Kurikulum 2013 dan guru JG dan NG tidak membuat RPP. Ketiga, kendala yang ditemui guru dalam penyusunan RPP antara lain karena pelatihan Kurikulum 2013 baru dirasakan oleh sebagian guru matematika saja, guru merasa bekal pemahaman tentang Kurikulum 2013 belum cukup, dan terdapat alasan pribadi. Melalui penelitian ini, harapannya semua guru di SD.N. 101801 Deli Tua, pada khususnya dapat belajar dari hasil penelitian RPP Kurikulum 2013 ini. Agar di kemudian hari, guru semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 289 |
Keywords: | RPP, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:25 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 14:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37429 |