CHINTYA (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PELAKU BULLYING SISWA KELAS VIII-3 MTS NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153351010 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 1153351010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1153351010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 1153351010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
5. NIM. 1153351010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6. NIM. 1153351010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 1153351010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 1153351010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
9. NIM. 1153351010 BAB I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
13. NIM. 1153351010 BAB V.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
14. NIM. 1153351010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam mengurangi pelaku bullying siswa kelas VIII-3 MTs Negeri 2 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode berdasarkan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan design Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas VIII-3 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-3 yang tingkat bullyingnya tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku bullying dengan 31 butir item yang dinyatakan valid. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok dengan teknik role playing dalam mengurangi pelaku bullying siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 95,5 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 74,75. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 15 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n= 8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 15 > 4, hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 101 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK, TEKNIK ROLE PLAYING, BULLYING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:23 |
Last Modified: | 13 May 2020 18:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37405 |