HARTANTO, ARIF BUDI (2019) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG DRILL DENGAN LATIHAN LADDER DRILL TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN DAN KEMAMPUAN DRIBBLING SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 6141121019 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 6141121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 6141121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 6141121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 6141121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 6141121019 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6141121019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 6141121019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 6141121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
13. NIM. 6141121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 6141121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Kepopuleran pertandingan bola basket di tingkat nasional maupun internasional membawa pengaruh yang positif bagi masyarakat terutama untuk para pelajar dan remaja yang ingin berprestasi di cabang olahraga ini. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan ladder drill dengan latihan zig zag drill terhadap peningkatan kelincahan dan hasil dribbling dalam permainan bola basket pada siswa ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 16 Medan T.A 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dengan uji prasyaratan analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 16 Medan. Dengan menggunakan
teknik purposive sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 atlet.
Hasil analisis hipotesis: hipotesis 1), Berdasarkan tabel distribusi t dengan dk = n-1 (6 – 1 = 5) pada taraf nyata α 0.05 = 2,447 yang berarti thitung < ttabel (0,499 < 2,447), dengan demikian h0 diterima dan ha ditolak. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak lebih besar pengaruhnya dari latihan zig zag drill terhadap peningkatan kelincahan dalam permainan bola basket siswa ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 16 Medan. Hipotesis 2), Berdasarkan tabel distribusi t dengan dk = n-1 (6 – 1 = 5) pada taraf nyata α 0.05 = 2,447 yang
berarti thitung > ttabel (10,21 > 2,447), dengan demikian h0 ditolak dan ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan ladder drill terhadap peningkatan kelincahan dalam permainan bola basket siswa ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 16 Medan. Hipotesis 3), Berdasarkan
tabel daftar distribusi t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 10 pada taraf nyata α = 0.05 = 2,228 yang berarti thitung < ttabel ( 0,35 < 2,228) dengan demikian ha ditolak dan h0
diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan zig zag drill dengan latihan ladder drill terhadap peningkatan kelincahan dalam permainan bola basket siswa ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 16 Medan. Hipotesis 4), Berdasarkan tabel distribusi t
dengan dk = n-1 (6 – 1 = 5) pada taraf nyata α 0.05 = 2,447 yang berarti thitung > ttabel (5,16 > 2,447), dengan demikian h0 ditolak dan ha diterima. Dalam hal ini
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan zig zag drill terhadap hasil dribbling dalam permainan bola basket siswa ekstrakurikuler bola
basket di SMA Negeri 16 Medan. Hipotesis 5), Berdasarkan tabel distribusi t dengan dk = n-1 (6 – 1 = 5) pada taraf nyata α 0.05 = 2,447 yang berarti thitung > ttabel (4,33 > 2,447), dengan demikian ho ditolak dan ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari latihan ladder drill terhadap hasil dribbling dalam permainan bola basket siswa ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 16 Medan. Hipotesis 6), Berdasarkan tabel daftar distribusi t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 10 pada taraf nyata α = 0.05 = 2,228 yang berarti thitung < ttabel ( 1,196 < 2,228) dengan demikian ha ditolak dan h0 diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan zig zag drill dengan latihan ladder drill terhadap hasil dribbling dalam permainan
bola basket siswa ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 16 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKO 136 |
Keywords: | ZIG-ZAG DRILL, LADDER DRILL, KELINCAHAN, DRIBBLING, BASKET |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:19 |
Last Modified: | 28 Jun 2020 15:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37382 |