PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII TAHUN 2019

Jannah, Miftahul (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII TAHUN 2019. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 42.-Miftahul-Jannah.pdf]
Preview
Text
42.-Miftahul-Jannah.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga berkembang sangat pesat.
Teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia yaitu salah satunya dalam
dunia pendidikan teknologi dapat meningkatkan kualitas bila digunakan secara bijak. Hal ini tentu mengisyaratkan kepada pendidik maupun calon pendidik agar mampu menerapkan cara belajar dengan menggunakan pemanfaatan teknologi yang mutakhir. Jika dahulunya pendidik menggunakan model pembelajaran konvesional yang menganggap bahwa guru sebagai orang yang serba tahu untuk menyalurkan ilmu pengetahuannya kepada siswa. Pada penggunaan model konvensionalmbanyak ditemui kelemahan, yang berakibat pada menurunnya kualitas pembelajaran. Model pembelajaran blended learning adalah salah satu model yang baik digunakan untuk meningkatkan kualitas pembeljaran. Pembelajaran blended learning dapat menggabungkan pembelajaran tatap muka (face to face) dengan pembelajaran berbasis teknologi. Artinya, pembelajaran dengan pendekatan teknologi pembelajaran dengan kombinasi sumber-sumber belajar tatap muka dengan pengajar maupun yang dimuat didalam computer, hp, tv, video dan media elektronik lainnya. Pembelajaran blended learning
memberikan kesempatan kepada berbagai karakteristik siswa agar terjadi belajar mandiri, berkelanjutan dan berkembang
sehingga belajar akan lebih efektif, efisien, menarik dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan tingkat pemahaman siswa antara pembelajaran model blended learning dengan
pembelajaran konvensional, dan (2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran model blended learning terhadap
tingkat pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Pengumpulan data menggunakan tes soal
berbentuk pilihan ganda dan angket. Penerapan pembelajaran model blended learning diharapkan mampu meningkatkan
pemahaman siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Blended Learning, konvensional, tingkat pemahaman
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:55
Last Modified: 09 Jul 2020 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37340

Actions (login required)

View Item
View Item