PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB PADA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN MARINDAL II

Tarigan, Paska Sriulina (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB PADA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN MARINDAL II. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 44.-Paska.pdf]
Preview
Text
44.-Paska.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah kemampuan belajar siswa kurang maksimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan belum sesuai. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Model Make A Match pada materi KPK dan FPB. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101790 Marindal II berjumlah 50 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata.Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Kemampuan siswa pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Make A Match Di kelas IV SD Negeri 101790 Marindal II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan menentukan KPK dan FPB,Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model Pebelajaran Make A Match
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:44
Last Modified: 26 Jun 2020 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37338

Actions (login required)

View Item
View Item