PENERAPAN MODEL BELAJAR BLENDED LEARNING BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN DEMOKRASI

Purba, Eliana (2019) PENERAPAN MODEL BELAJAR BLENDED LEARNING BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN DEMOKRASI. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 49.-Eliana.pdf]
Preview
Text
49.-Eliana.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar penerapan model merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Untuk
menarik minat siswa terhadap mata pelajaran khususnya mata pelajaran PKn dengan materi demokrasi, guru harus mampu
membangun proses belajar yang aktif. Demokrasi menunjukkan kesesuaian antara hak dan kewajibannya sebagai warga
negara, berpartisipasi aktif menjungjung tinggi HAM serta meningkatkan sikap toleransi masyarakat yang multikulural.
Penerapan model belajar blended learning diharapkan mampu minggkatkan pemahaman siswa serta mampu melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Penyesuaian masa revolusi industri 4.0 saat ini, berpikir tingkat tinggi yang mana dimaksud adalah mampu berpikir kreatif, mampu menyelesaikan permasalahan serta mampu mengeluarkan
pendapat adalah tantangan bagi pendidikan. Pada prinsipnya penggunaan HOTS pada pembelajaran demokrasi bertujuan
untuk mempersiapkan kompetensi siswa menyongsong abad 21 serta meningkatkan mutu dan akuntabilitas hasil belajar
yang dapat diterapkan dikehidupan berikutnya menyelaraskan sikap nasionalisme serta normalitas yang tinggi. Untuk itu
penerpan Blended Learning yang menggabungkan tatap muka, dan tidak tatap muka, pada pembelajaran berbasis online
atau e-learning menjadi media yang memiliki peran penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Blended Learning
memberikan kesempatan siswa berperan aktif dalam pembelajaran baik secara individu maupun kelompok, dalam tatap muka ataupun online, sehingga mereka mempunyai kemampuan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi, menginterpretasi serta mentransfer hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, dan pada akhirnya keterampilan berpikir siswa dapat tergali melalui model pembelajaran ini. Penelitian ini disajikan dengan metode kajian pustaka yang mana mengumpulkan segala informasi melalui penelitian sebelumnya yang terkait dengan model pembelajaran blended learning pada pembelajaran demokrasi yang diharapkan mampu menjawab tantangan masa revolusi industri 4.0 saat ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Blended learning, HOTS, Demokrasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:22
Last Modified: 17 Jun 2020 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37333

Actions (login required)

View Item
View Item