Hasibuan, Heri Aftitah (2019) ANALISIS PEMBELAJARAN PKn DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANAK USIA SD KELAS IV BERBASIS HOTS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4,0. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
57.-Heri-Afttitah.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
Abstract
Tujuan pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan Bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur. Dalam proses
pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas guru harus bisa memfasilitasi peserta didik serta pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kemampuan berpikir anak tingkat sekolah dasar berbeda-beda maka guru dituntut harus bisa mengajar secara profesional sehingga lahir anak yang memiliki kemampuan berpikir tinggi. HOTS salah satu metode dalam penyelesaian masalah ini dan pada perkembangan era Revolusi Industri 4,0 yang berlaku diseluruh dunia dan bahkan sudah ada yang sampai pada tingkat Revolusi Industri 5,0. Hasil dari pengimplementasian Kurikulum 2013 terkhusus pada mata pelajaran PKn yang dipadukan (blended learning) pada mata pelajaran lain membuat anak dituntut untuk dapat berpikir kritis serta dipadukan pada pendekatan saintifik yang berhubungan erat dengan Kurikulum 2013 dengan beberapa bagian, dan anak dituntut harus bisa mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Dalam perkembangan dunia, manusia diajak bahkan dipaksa dengan sebuah penemuan baru dalam suatu perubahan yang bahkan dibuktikan oleh manusia itu sendiri dalam suatu perkembangan dunia secara menyeluruh. Penemuan baru dalam hal dunia pendidikan yang dipadukan pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran, PKn, HOTS |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 03:49 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37328 |