PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III SD

Marbun, Putri Melly Andani (2019) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III SD. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 63.-Putri-Melly.pdf]
Preview
Text
63.-Putri-Melly.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pokok bahasan Hak dan Kewajiban di kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan di salah satu SD Swasta di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi hasil belajar siswa dan ada 5 aspek yang akan diobservasi. Hasil belajar siswa menggunakan model Make A Match pada siklus II mengalami peningkatan, untuk siklus I mendapat jumlah nilai 62 dan meningkat pada siklus II menjadi 84. Jumlah nilai yang di dapat pada siklus I berkategori cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dan sudah berkategori baik setelah menggunakan model Make A Match pada mata pelajaran PPKn pokok bahasan Hak dan Kewajiban di kelas III SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: model Make a Match, Hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:16
Last Modified: 22 Jul 2020 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37322

Actions (login required)

View Item
View Item