PENERAPAN PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SEI KAMBING MEDAN

Sakti, Muda Genali (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SEI KAMBING MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 66.-Muda-Genli.pdf]
Preview
Text
66.-Muda-Genli.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang sangat signifikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran SMALL GROUP DISCUSSION dan model pembelajaran konvensional yang biasa
diterapkan oleh tenaga didik di sokalah SD Muhammadiyah sei sekambing Medan pada mata pelajaran PPKN untuk kelas
V. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Berdasarkan penelitan yang dilakukan
menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran SMALL GROUP DISCUSSION mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada SD Muhammadiyah Sei Kambing medan. Pada siklus I presentase yang diperoleh 50% dan pada Siklus kedua sebesar 70%. Dengan hasil penelitian ini dapat saya simpulkan dengan menggunakan model pembelajaran SMALL GROUP DISCUSSION ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sangat efektif digunakan pada proses belajar mata pelajaran PPKN.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Small Group Discussion,,hasil belajar,dan PPKN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Dec 2019 15:36
Last Modified: 10 Jan 2022 09:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37319

Actions (login required)

View Item
View Item