Sitanggang, Saut Lamhot and Pinem, Helda Valentina Br. (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
70.-Saut.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1
Pancurbatu mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Dengan
penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL), kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
meningkat sebesar 15,89%, yaitu meningkat dari 63,97% pada siklus I menjadi 79,86% pada siklus II. Setiap aspek dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi
pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) sudah baik. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata pelaksanaan pembelajaran oleh peneliti meningkat dari 73,33% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II dan persentase kegiatan siswa meningkat dari 79,69% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model Project Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 14:43 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37315 |