Fadillah, Siti (2019) PEMANFAATAN IT DALAM PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
71.-Siti-Fadilah.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Revolusi teknologi saat ini khususnya komputer dan internet telah mengubah cara pandang dan berpikir secara praktis dan efisien pada masyarakat khususnya pada dunia pendidikan. Perubahan paradigma lama menuju paradigma baru merupakan salah satu bentuk dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran.. Perubahan paradigma ini yaitu dari paradigma yang berpusat pada guru ke paradigma yang berpusat pada siswa. Perkembangan suatu teknologi internet memberikan pengaruh sangat besar dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika. Hasil studi penelitian PISA pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika peserta didik di Indonesia berada di posisi 64 dari 72 negara itu artinya kemampuan literasi matematika peserta didik di Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan literasi matematika peserta didik dipengaruhi oleh rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Pembelajaran dengan memanfaatkan IT sebagai media sangat penting. IT juga dapat membantu guru dalam menjelsakan materi-materi yang bersifat abstrak sehingga mudah dipahami oleh siswa. Hasil dari beberapa penelitian meunjukan bawa pembelajaran berbasis IT dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap kemampuan penalaran, komunikasi
matematis, pemecahan masalah dan koneksi matematis. Sehingga secara tidak langsung, penggunaan IT dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | IT, Literasi Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 14:13 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37314 |