Lestari, Dewi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI NO.066045 MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
16.-Dewi-Lestari.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan pengaruh hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran Scramble lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Ekspositori, 2) perbedaan pengaruh motivasi hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran Scramble dan motivasi hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori, 3)
Interaksi antara hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble dan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan bulan Maret s/d April (Semester genap tahun ajaran 2016/2017 ). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 066045 Medan Helvetia Tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 44 siswa, diantaranya kelas Va terdiri dari 22 siswa dan kelas Vb terdiri dari 22 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Random Sampling yaitu dari kelas Va dan
kelas Vb selanjutnya penentuan untuk kelas Model Pembelajaran Scramble dan kelas Ekspositori dilakukan secara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Hasil belajar PKn siswa dengan model pembelajaran Scramble lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Scramble lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Ekspositori dalam materi pelajaran yang sama yaitu diperoleh rata-rata hasil
belajar sebesar 84,32 atau berbeda sebesar 31,8 %. 2) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam materi pelajaran yang sama. Rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi 81,30 atau berada sebesar 34,8 lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah 73,33 atau berbeda sebesar 28,6 %. 3) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam materi pelajaran yang sama. Rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi 81,30 atau berada sebesar 34,8 lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah 73,33 atau berbeda sebesar 28,6 %.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 05:27 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 15:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37302 |