PEMBUATAN KONTEN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MATA KULIAH KELEMBAGAAN/ KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUMATERA UTARA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANTROPOLOGI FIS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Febryani, Ayu (2019) PEMBUATAN KONTEN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MATA KULIAH KELEMBAGAAN/ KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUMATERA UTARA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANTROPOLOGI FIS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 12.-Ayu.pdf]
Preview
Text
12.-Ayu.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pada era revolusi industri 4.0 telah memberikan pengaruh yang signifikan pada berbagai lini kehidupan manusia, tak terkecuali pada dunia pendidikan. Perguruan Tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi, dituntut untuk mampu bersinergi dan sejalan dengan perkembangan tersebut. Berbagai pembelajaran inovatifpun lahir dengan adanya pembelajaran berbasis digital pada pembelajaran dalam jaringan (daring). Hal tersebut juga tengah dilakukan oleh para dosen di Prodi Pendidikan Antropologi FIS UNIMED, salah satunya pada mata kuliah Kelembagaan/ Kearifan Lokal Budaya Sumatera Utara. Para dosen dan mahasiswa menciptakan pembelajaran inovatif melalui pembuatan
konten pembelajaran daring yang menarik, easy access, dan memorable. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi belajar mahasiswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, kekinian, dan dapat diakses oleh siapapun, khususnya pada channel youtube peserta didik. Pembuatan konten disesuaikan dengan tuntutan enam
penugasan KKNI yakni Tugas Rutin (TR),Critical Book Review (CBR), Critical Journal Review (CJR), Mini Riset (MR),
Rekayasa Ide (RI), dan Project Report (PR) dengan menggunakan berbagai media online seperti youtube sebagai media penyimpan data hasil tugas rutin berupa presentasi daring, dan tugas project seperti pembuatan film documenter, serta konten-konten yang dibuat pada laman e-learning FIS Unimed yakni SIPDA Unimed. Pembuatan konten pada SIPDA Unimed memfokuskan pada kemudahan mahasiswa dalam mengakses Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan
kontrak kuliah, berbagai pedoman dan rubrik enam penugasan, berbagai akses pengunduhan jurnal online nasional dan internasional, e-book, dan sumber belajar terkait mata kuliah Kelembagaan/ Kearifan Lokal Budaya Sumatera Utara, baik tertulis maupun dalam bentuk video pembelajaran, materi perkuliahan, dan penugasan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: pembuatan konten, daring, blended learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:41
Last Modified: 18 Jun 2020 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37298

Actions (login required)

View Item
View Item