Nurjannah (2019) EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
11.-Nurjannah.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
Abstract
Kajian ini mendalami tentang efektifitas penerapan pembelajaran Blended learning di era revolusi industri 4.0.Pembelajaran campuran (blended learning) adalah program pendidikan formal yang memungkinkan peserta didik belajar secara tatap muka dan melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring dengan kendali mandiri terhadap waktu, tempat, urutan, maupun kecepatan belajar.Saat ini, pembelajaran blended learning menjadi arah pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya elearning pembelajaran yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi, seperti Sistem Informasi Pembelajaran dalam Jaringan (SIPDA) di Universitas Negeri Medan. Penerapan model pembelajaran ini dianggap efektif digunakan pada era revolusi industri 4.0 karena sarat dengan penggunaan dan penguasaan internet. Proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan memberikan kemudahan baik untuk dosen maupun mahasiswa. Hal ini
diharapkan adanya peningkatan perubahan arah pendidikan masa depan dengan melakukan inovasi pembelajaran. Inovasi
dalam proses pembelajaran menjadi penting dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 agar pendidikan di Indonesia
semakin menghasilkan sumber daya manusia yang maju, kapabel, berdaya saing global, dan berkarakter.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Blended Learning, Pembelajaran, Inovasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 04:32 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 11:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37297 |