PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMBELAJARAN DI FIS UNIMED : SEBUAH ANALISIS SOSIAL BUDAYA

Daud (2019) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMBELAJARAN DI FIS UNIMED : SEBUAH ANALISIS SOSIAL BUDAYA. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 07.-Daud.pdf]
Preview
Text
07.-Daud.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mendiskusikan tentang peningkatan aktifitas pembelajaran melalui media sosial. Media sosial dalam hal ini merupakan pelengkap atas pemanfaatan aplikasi e-learning berbasis LMS Moodle dan aktifitas pembelajaran tatap muka dalam kelas. Media sosial yang digunakan dalam analisis tulisan ini adalah Facebook dengan pertimbangan bahwa aplikasi tersebut memiliki pengguna terbanyak serta memiliki fitur yang mendukung pembelajaran jika dibandingkan media sosial lain yang ada saat ini. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan sosial budaya dengan berpegang pada konsep Anthony Gidden tentang perentangan ruang dan waktu, serta konsep pembudayaan dalam kajian Antropologi. Berdasarkan konsep tersebut, maka pemanfaatan media sosial akan menambah ruang dan waktu yang berakibat pada pembiasaan belajar-mengajar. Pembiasaan ini kemudian akan mewujudkan budaya akademik dalam interaksi mahasiswa, dosen, dan orang tua yang pada ujungnya meningkatkan hasil pembelajaran, tingkat literasi digital, dan daya kritis mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media sosial, pembelajaran, Antropologi, literasi digital, Facebook
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN478 Social organization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Dec 2019 03:49
Last Modified: 18 Jun 2020 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37293

Actions (login required)

View Item
View Item