OPINI BELER (OPTIMALISASI KOMPETENSI BLENDED LEARNING) UNTUK GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG ERA REVOLUSI 4.0

Sidiq, Ricu (2019) OPINI BELER (OPTIMALISASI KOMPETENSI BLENDED LEARNING) UNTUK GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG ERA REVOLUSI 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 03.-Ricu-Sidiq.pdf]
Preview
Text
03.-Ricu-Sidiq.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview

Abstract

Making Indonesia 4.0, adalah langkah serius bagi Indonesia untuk menjadi negara yang beradaptasi dan menuju negara
yang kuat secara ekonomi. Indonesia semakin aktif dalam membentuk generasi milenial yang kompetitif dan produktif
sepanjang era 4.0 Industri. Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.
Salah satunya adalah sistem pendidikan. Blanded Learning hadir sebagai dampak kemajuan dan berlangsungnya Revolusi
Industri Abad 21. Pembelajaran campuran atau Blended Learning merupakan sebuah strategi belajar mengajar dengan cara memadukan pembelajaran berbasis kelas/tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi yang
dilakukan secaran daring (online). Masalahnya adalah, komponen pendidikan apa yang terpengaruh, dan bagaimana
merespon implikasi ini. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perubahan yang telah terjadi di era revolusi 4.0 dan dampaknya terhadap dunia pendidikan, terutama bagi guru dalam sistem pembelajaran campuran. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan. Artikel ini menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan yang dinamis sesuai dengan zaman yang membutuhkan adaptasi yang sempurna untuk mencapai tujuan. Mengubah keterampilan konvensional ke
keterampilan modern memang tidak mudah. Guru haruslah menambah kecepatan adaptasi yang profesional dalam dunia
pendidikan. Guru profesional adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran
yang baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan siswa yang pintar dan pendidikan yang berkualitas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Blended Learning, Revolusi Industri4.0, Pendidikan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:21
Last Modified: 17 Jun 2020 01:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37289

Actions (login required)

View Item
View Item