Ramadhani, Sri (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF- EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL ‘AZIZI TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172038 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 8156172038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
3. NIM. 8156172038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM. 8156172038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 8156172038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
6. NIM. 8156172038 TABLES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7. NIM. 8156172038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
8. NIM. 8156172038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156172038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8156172038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 8156172038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran
berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 2) kepraktisan
perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang
dikembangkan, 3) keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran
berbasis masalah yang dikembangkan, 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa
dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis
masalah yang dikembangkan, 5) peningkatan self-efficacy dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 6)
mengidentifikasi proses jawaban siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
masalah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran,
lembar aktivitas siswa, buku petunjuk guru, dan buku siswa.Pengembangan perangkat
pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dikembangkan dengan
menggunakan model pengembangan Four-D dengan 4 tahap yaitu: define, design, develop dan
disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di SMP Islam
Terpadu Nurul „Azizi Medan. Dari hasil ujicoba I dan ujicoba II diperoleh: 1) perangkat
pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun
validitas konstruk. 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis,
3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi criteria efektif, 4) terdapat
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran
yang dikembangkan, 5) terdapat peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan, 6) proses jawaban pada ujicoba II lebih banyak memperoleh
kriteria penilaian “baik”. Proses jawaban siswa pada ujicoba II lebih terstruktur, sistematis,
serta sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.711 Ram p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran berbasis masalah, Model Four-D Thiagarajan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 10:10 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 10:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37285 |