Tarigan, Risma Martalena (2019) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL SINAR KARANGAN AGUK IRAWAN MIZAN SEBAGAI BAHAN BACAAN SASTRA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176191013 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8176191013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
3. NIM. 8176191013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 8176191013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 8176191013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 8176191013 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8176191013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8176191013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176191013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
13. NIM. 8176191013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM. 8176191013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Karakter merupakan unsur penting dalam diri manusia. Manusia yang memiliki
karakter baik, mampu mengelola pengetahuan dan konflik yang dihadapi
berlandaskan nilai kebajikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
penerapan nilai karakter serta pengendalian menghadapi konflik batin. Tujuan
penelitian untuk (1) Menganalisis pendeskripsian nilai pendidikan karakter
religius, kerja keras, mandiri, tanggung jawab dan peduli sosial pada novel Sinar
karangan Aguk Irawan Mizan, (2) Menganalisis pendeskripsian konflik batin
tokoh utama pada novel Sinar karangan Aguk Irawan Mizan, (3)Menganalisis
kebermanfaatan hasil kajian novel Sinar karangan Aguk Irawan Mizan sebagai
bahan bacaan sastra berbentuk buku pengayaan di SMA. Metode yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pendeskripsian nilai
pendidikan karakter religius, mandiri, kerja keras, tanggung jawab dan peduli
sosial berupa gambaran karakter melalui perilaku tokoh yang melakukan
kebajikan dalam problematika kehidupan, (2) Konflik batin tokoh utama
dideskripsikan melalui pertentangan sistem id, ego dan super ego dalam tataran
nilai, (3) Kebermanfaatan kajian sebagai bahan bacaan sastra di SMA memiliki
kriteria sangat baik sebagai buku penunjang pembelajaran bahasa Indonesia.
Kesimpulannya yaitu pendeskripsian nilai pendidikan karakter dan konflik batin
tokoh utama berupa gambaran perilaku dan dorongan psikologis tokoh dalam
membentuk kepribadian. Implikasi dari penelitian ini yaitu (1) Implikasi teoretis
mencakup pendalaman pembelajaran sastra dengan merefleksikan diri dalam
membentuk karakter, (2) Implikasi praktis berupa penerapan hasil kajian untuk
perkembangan kepribadian siswa, (3) Implikasi kebijakan mencakup peran
pemerintah dalam menguatkan kedudukan sastra melalui kurikulum. Berdasarkan
hal tersebut, direkomendasikan agar sekolah dapat menerapkan sastra dan variasi
buku nonteks sastra untuk membentuk karakter dan menunjang pembelajaran
bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 813 Tar p |
Keywords: | bacaan, batin, karakter, konflik, nilai, novel, pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 05:07 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37264 |