Karo, Suriya Emanita (2019) PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI INFORMASI SISWA KELAS XI SMK SWASTA PENCAWAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192026 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 8166192026 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM 8166192026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 8166192026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8166192026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 8166192026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8166192026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8166192026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 8166192026 BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. NIM 8166192026 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM 8166192026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk rubrik penilaian sikap dalam bentuk
buku panduan rubrik penilaian sikap pada materi menulis teks eksplanasi dan mengetahui
proses pengembangan dan kelayakan produk tersebut. Metode penelitian ini adalah metode
penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh
Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks
penelitian yang disederhanakan sampai dengan uji coba produk. Pengambilan data dilakukan
melalui validasi ahli materi dan ahli evaluasi, tanggapan guru bahasa Indonesia SMKS
Pencawan Medan dan peserta didik kelas XI SMK berjumlah 35 orang sebagai subjek
penelitian. Pengumpulan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan dengan
mengubah data kuantitatif ke dalam data kualitatif menggunakan skala Likert. Hasil
penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar berupa buku panduan rubrik penilaian
sikap dalam bentuk media cetak, yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi dan
ahli evaluasi dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber penilaian sikap siswa pada proses
pembelajaran. Kelayakan materi ajar pembelajaran sesuai dengan hasil validasi. Penilaian
produk berupa buku panduan rubrik penilaian sikap oleh ahli materi menunjukkan bahwa
presentasi kesesuaian materi tugas dengan KI dan KD yaitu 88 masuk ke dalam kategori
sangat baik, bahasa dan tulisan rubrik penilaian sikap yaitu 97 dengan kategori sangat baik,
aktivitas belajar peserta didik memiliki persentasi sebesar 94 dengan kategori sangat baik,
dan materi pendukung memiliki presentasi sebesar 88 dengan kategori sangat baik. Rata-rata
secara keseluruhan adalah 92 masuk ke dalam kategori sangat baik. Penilaian buku panduan
rubrik penilaian sikap oleh ahli evaluasi dengan rata-rata secara keseluruhan adalah 96
masuk ke dalam kategori sangat baik penilaian buku panduan rubrik penilaian sikap oleh
guru bahasa Indonesia memiliki total presentase rata-rata 89 dengan kriteria “Sangat Baik”.
Pada hasil uji keterpakaian pretest dengan nilai rata-rata 73,17 dan postes dengan nilai ratarata 80,48. Dapat disimpulkan bahwa buku panduan rubrik penilaian sikap hasil
pengembangan layak dipakai sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 1 Kar p |
Keywords: | rubrik penilaian sikap, literasi informasi, teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 04:55 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37262 |