Gintign, Hesron (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS GENRE UNTUK SISWA KELAS X SMK BRIGJEND KATAMSO MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192039 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 8156192039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. NIM 8156192039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM 8156192039 FREFACE .pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 8156192039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 8156192039 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 8156192039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8156192039 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 8156192039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
10. NIM 8156192039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
14. NIM 8156192039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
15. NIM 8156192039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis genre untuk
siswa kelas X SMK merupakan penelitian R&D. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, dan efektivitas bahan ajar tersebut.
Pengembangan bahan ajar ini menggunakan teori Brog dan Gall yang
disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2)
pengembangan produk, (3) uji validasi, (4) revisi, dan (5) uji coba. Berdasarkan
hasil kelayakan bahan ajar yang telah dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli
desain serta uji coba lapangan diperoleh nilai rata-rata untuk materi 89,11%
(sangat baik) dan desain 90,80% (sangat baik) dengan total rata-rata keseluruhan
validasi 89,95% (sangat baik). Selanjutnya, uji coba lapangan diperoleh hasil yaitu
(1) uji coba perorangan 88,23%, (2) uji coba kelompok kecil 89,32%, dan (3) uji
coba kelompok terbatas 90.79%. Efektivitas penggunaan bahan ajar menulis teks
eksposisi dengan pendekatan genre untuk siswa kelas X SMK terdapat pada
kegiatan pretest-posttest dan uji gain. Perolehan rata-rata hasil pretest-posttest
menulis teks eksposisi adalah 68,70 dan 83,55. Selanjutnya, perolehan hasil uji
gain yaitu 3,33% kategori tinggi, 93,34% kategori sedang, dan 3,33% kategori
rendah. Berdasarkan hasil perolehan data penelitian dapat disimpulkan
pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekata
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 1 Gin p |
Keywords: | Bahan Ajar, Teks Eksposisi, dan Genre |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 04:49 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37261 |