Daulay, Naimatussyifa (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR GENETIKA MENDEL BERBASIS RISET DI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176173004 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8176173004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
3. NIM. 8176173004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM. 8176173004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM. 8176173004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 8176173004 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8176173004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 8176173004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM. 8176173004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM. 8176173004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM. 8176173004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa buku ajar Genetika Mendel
berbasis riset pada Drosophila melanogaster yang layak digunakan dalam mata
kuliah Genetika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari tahap define,
design, development, dan dissemination, namun tahap penelitian yang dilakukan
hanya sampai development. Buku ajar yang dikembangkan divalidasi berdasarkan
empat kriteria yaitu materi/isi, bahasa, desain pembelajaran, dan desain layout.
Subjek uji coba yaitu ahli materi genetika, pembelajaran, layout, dan tanggapan
mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Genetika. Hasil validasi produk
oleh tim ahli materi sebesar 95,4% kategori “Sangat Baik”, ahli bahasa sebesar
84,37% kategori “Sangat Baik”, ahli desain pembelajaran sebesar 94,4% kategori
“Sangat Baik”, tim ahli layout sebesar 85% kategori “Sangat Baik”, dan
tanggapan mahasiswa secara perorangan, kelompok kecil, dan kelompok terbatas
berada pada kategori “Sangat Baik” dengan nilai secara berurutan 91,1%, 83,4%,
dan 85,8%. Dapat disimpulkan bahwa produk dapat dimanfaatkan sebagai buku
ajar dalam kegiatan pembelajaran pada matakuliah Genetika dan tidak ada revisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 576.071 2 Dau p |
Keywords: | Buku Ajar, Model Pengembangan 4D, Genetika Mendel, dan Drosophila melanogaster. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3401 School hygiene. School health services Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2019 03:41 |
Last Modified: | 30 Nov 2019 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37247 |