HASIBUAN, HIZRIAH (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BUKU NONFIKSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2152111006 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2152111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
3. NIM. 2152111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 2152111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 2152111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 2152111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 2152111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 2152111006 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 2152111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 2152111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
14. NIM. 2152111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
15. NIM. 2152111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket, pada validasi ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan tanggapan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 tergolong dalam kategori “Sangat Baik.” Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 87,3%, yang berkategori “Sangat Baik.” Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Hasil penilaian dari ahli desain memperoleh skor 90,9% yang berkategori “Sangat Baik.” Kemudian hasil penilaian dari guru bidang studi bahasa Indonesia memperoleh skor 93% yang berkategori “Sangat Baik.” Diperkuat lagi dari hasil uji coba kelompok kecil yang memperoleh skor 79% yang berkategori “Baik”, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor 85,14% berkategori “Sangat Baik.” Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 Layak dan Efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 183 |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Buku Nonfiksi, Validasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 06:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37214 |