FATMAWATI (2019) ANALISIS KESESUAIAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA BUKUTEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152141006 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 4152141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4152141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 4152141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 4152141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4152141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4152141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4152141006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4152141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM. 4152141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4152141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi keanekaragaman hayati pada buku teks Biologi SMA penerbit Mediatama di SMA Negeri 15 Medan ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Subjek dalam penelitian ini adalah penulis. Objek penelitian ini adalah buku teks biologi materi keanekaragaman hayati SMA Kelas X yang terkait dengan Kompetensi Dasar kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar analisis yang diisi berdasarkan rubrik penilaian yang mengacu pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks dari penerbit Mediatama yang digunakan siswa memiliki persentase kelayakan isi 83,3% dengan kategori sangat sesuai, kelayakan penyajian sebesar 84,3% dengan kategori sangat sesuai, kelayakan bahasa sebesar 87,5% dengan kategori sangat sesuai, dan kelayakan kegrafikan sebesar 91,6% dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa persentase kelayakan yang paling tinggi adalah kelayakan kegrafikan sebesar 91,6% sedangkan persentase kelayakan terendah adalah kelayakan isi sebesar 83,3%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa materi yang ada pada buku teks tersebut telah sesuai dengan kompetensi dasar 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 294 |
Keywords: | Buku teks, Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, Kelayakan Bahasa, Kelayakan Kegrafikan, BNSP. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37184 |