HUTAGALUNG, ITA SUSANTY (2019) Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Complete Sentence Di Kelas IV SDN 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153311034_ COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 1153311034_ LEMBAR PERSETUJUAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3. NIM. 1153311034_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM. 1153311034_ KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. NIM. 1153311034_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM.1153311034_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. NIM. 1153311034_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8. NIM. 1153311034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. NIM. 1153311034_BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM.1153311034_BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM 1153311034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah pada peneliti ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat oleh guru sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia materi puisi di kelas IV SDN 106811 Bandar Setia. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau (PTK) dengan menggunakan model Complete Sentence. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV. SDN 106811 Bandar Setia yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Jenis desain penelitian menggunakan model siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu 1. Perencanaan, (Planning), 2. Pelaksanaan atau Tindakan (Action), 3. Pengamatan (Observing), 4. (Reflecting). Adapun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan yaitu menggunakan lembar observasi untuk guru, serta angket minat belajar siswa yang dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi minat belajar siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh data bahwa minat belajar siswa tergolong kurang berminat dengan rata-rata persentase 59,06%. Pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa minat belajar siswa masih tergolong cukup berminat dengan rata-rata persentase 67, 85% meningkatkan sebesar 87,79% dari pertemuan sebelumnya. Pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa minat belajar siswa tergolong berminat dengan rata-rata persentase 74,88% meningkatkan sebesar 7,03% dari siklus sebelumnya, dan pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa minat belajar siswa tergolong sangat berminat dengan rata-rata persentase 91,48% meningkatkan sebesar 16,6% dari pertemuan sebelumya hasil angket pada kondisi awal diperoleh data sebesar 59,84%, pada siklus I data yang diperoleh meningkat sebesar 11,61% sehingga diperoleh persentase 71,45% dan siklus II data yang diperoleh meningkat sebesar 18,58% sehingga diperoleh persentase 90,03%. Hasil angket yang menunjukkan peningkatan dalam minat belajar siswa pada setiap siklus. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Complete Sentence dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi di kelas IV SDN 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 264 |
Keywords: | MINAT BELAJAR SISWA COMPLETE SENTENCE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37162 |