SIMATUPANG, SANDRO (2019) Pengembangan Trainer Stereo Amplifier Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio Pada Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143131017 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5143131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM. 5143131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 5143131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
5. NIM. 5143131017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 5143131017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 5143131017 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 5143131017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 5143131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
13. NIM. 5143131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5143131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkankan Trainer Power Amplifier untuk siswa kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Sibolga; (2) mengetahui tingkat pemenuhan syarat kelayakan trainer power amplifier untuk siswa kelas XI TAV SMK Negeri 2 Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Langkah-langkah pengembangan trainer power amplifier ini meliputi : (1) Identifikasi masalah; (2) Studi lapangan; (3) Penyusunan butir-butir ; (4) Desain Produk; (5) Validasi Desain; (6) Revisi desain; (7) Pembuatan produk; (8) Uji coba produk; (9) Revisi produk; (10) Uji coba pemakaian; (11) Penetapan kelayakan produk.Objek pada penelitian ini adalah trainer power amplifier. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi yang berisi pernyataan pernyataan validasi. Validasi tainer melibatkan 4 orang ahli media, 2 orang guru sebagai pengguna, 10 orang siswa sebagai pengguna skala kecil dan 22 orang siswa lainnya sebagai pengguna skala besar. Teknik analisis data yang digunakan pada penilitian ini adalah deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah trainer amplifier yang terdiri dari piranti input seperti pre amp, tone kontrol, penguat amplifier, protektor, dan sebagai output yaitu speaker. Hasil uji validasi oleh responden dengan rerata persentase skor yaitu oleh ahli media sebesar 90,87% dengan kategori sangat layak, uji validasi trainer oleh user sebesar 90,5% dengan kategori sangat layak, uji coba pemakaian oleh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video dengan skala kecil 93,47% dan skala besar 93,68% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan seluruh hasil penelitian disimpulkan bahwa trainer power amplifier sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Sibolga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 059 |
Keywords: | Power amplifier, triner, pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37128 |