HILDA (2019) INVENTARISASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI RUANG TERBUKA HIJAU KECAMATAN STABAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152141009 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4152141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 4152141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 4152141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4152141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 4152141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4152141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4152141009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4152141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM. 4152141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 4152141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati khususnya jenis tumbuhan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Stabat dan pemanfaatannya sebagai media pembelajaran siswa SMA. Sampel dalam penelitian terbagi menjadi 2 yaitu jenis tumbuhan yang terinventarisasi di dalam area penelitian yaitu di RTH Kecamatan Stabat dan seluruh siswa kelas X IPA 2 MAN 3 Langkat sebagai responden terhadap herbarium yang telah dibuat. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu lembar observasi dalam menginventarisasi keanekaragaman hayati di RTH kecamatan Stabat dan angket untuk melihat respon siswa terhadap media pembelajaran hasil inventarisasi keanekaragaman tumbuhan di Ruang Terbuka Hijau Kecamatan Stabat yang dibuat dalam bentuk herbarium. Metode yang digunakan yaitu observasi atau survei dengan mendata dan mengoleksi semua jenis tumbuhan yang terdapat pada area penelitian. Analisis data menggunakan indeks keanekaragaman hayati dan rata-rata nilai akhir dari angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan indeks keanekaragaman hayati khususnya tumbuhan di Ruang Terbuka Hijau sangat rendah yaitu H’ 0,5852 (H’<1). Sedangkan rata-rata nilai akhir pada angket respon siswa (93,10) yang menunjukkan bahwa herbarium sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 300 |
Keywords: | Herbarium; Keanekaragaman Hayati; Ruang Terbuka Hijau (RTH) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37118 |