Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Pada Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

TAMPUBOLON, PUTRI ARPILLIA (2019) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Pada Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5153311028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5153311028 COVER.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5153311028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5153311028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5153311028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5153311028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5153311028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5153311028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5153311028 TABEL OF CONTEN.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5153311028 TABEL OF CONTEN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5153311028 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5153311028 TABLE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5153311028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5153311028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5153311028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5153311028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5153311028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5153311028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5153311028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5153311028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5153311028 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5153311028 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, semester 1 tahun ajaran 2019/2020 kelas XI DPIB yang terdiri dari 33 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa 100% mampu mencapai nilai ≥ 75. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 30 soal diperoleh 25 soal yang valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 14 soal yang mudah, 9 soal yang sedang dan 2 soal yang sulit, uji daya beda soal 1 soal kategori buruk 11 soal kategori sedang 12 soal kategori baik dan 1 kategori sangat baik. Sedangkan pada siklus II, dari 28 soal diperoleh 24 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran didapat didapat 14 soal yang mudah 9 soal yang sedang dan 1 soal sulit. Uji daya soal 14 soal kategori sedangdan 10 soal kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,0758 , sedangkan pada siklus II rata-rata nilai aktivitas siswa adalah 81,43939 melalui uji T sebesar 9,6363 terjadi peningkatan sebesar 16,21614%. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,33 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,0303 melalui uji T sebesar 9,3098 terjadi peningkatan signifikan sebesar 13,8323%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI DPIB mata pelajaran Aplikasi perangkat Lunak dan perancangan Interior gedung di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BAN 064
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR; HASIL BEALAJAR; MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL); APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:30
Last Modified: 06 Mar 2020 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37105

Actions (login required)

View Item
View Item