Ismailia Ayuzra, Putri Utami (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DELITUA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153121027 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2. NIM. 4153121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. NIM. 4153121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4153121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4153121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM. 4153121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 4153121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 4153121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4153121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM. 4153121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4153121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
15. NIM. 4153121027 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap kreativitas siswa, 2) Adakah pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa, 3) Adakah interaksi model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap kreativitas dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretestposttest.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Delitua T.A.2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 216 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang
dan kelas XI MIA-1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay yang terdiri dari 5 soal kreativitas dan 12 soal keterampilan proses sains. Hasil Pengujian dianalisis menggunakan
multivariat analisis varians (MANOVA) dengan taraf signifikasi 0,05.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest kreativitas kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 51,01 dan 35,04. Rata-rata posttest
kreativitas kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 79,4 dan 42,49. Rata-rata pretest keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kontrol adalah 36,18 dan 33,0. Rata-rata posttest keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 77,16 dan 57,0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap kreativitas siswa dengan uji hipotesis menggunakan uji manova. dengan kriteria pengujian Fh > Ft (5,62 > 2,13), maka H0 ditolak dan H1 diterima 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap terhadap keterampilan proses sains siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (5,13 > 2,13), maka H0 ditolak dan H1 diterima 3) Terdapat interaksi antara kreativitas dan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran inquiry training dan konvensional, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (2,13 > 2,13). sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 303 |
Keywords: | inquiry training, kreativitas, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37088 |