NASUTION, RISKIYA KHAIRANI (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1152151012_COVER.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
2. NIM. 1152151012_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
3. NIM. 1152151012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
4. NIM. 1152151012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
5.NIM. 1152151012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM. 1152151012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 1152151012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 1152151012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 1152151012_BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM. 1152151012_BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM. 1152151012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self-Management Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest one group. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-2 SMP Negeri Medan T.A 2019/2020. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik self-management terhadap minat belajar siswa. Maka dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata 73, sedangkan skor akhir (post-test) diperoleh rata-rata 97,25. Maka selisih skor rata-rata kecemasan berbicara di depan umum sebesar 24,25 atau sebesar 33,21% artinya sebelum diberi layanan konseling kelompok teknik self-management skor rata-rata tinggi dan setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self-management maka minat belajar pada siswa menjadi meningkat. Hal ini digambarkan dengan hasil uji wilcoxon yang dilakukan dengan perolehan J_hitung = 19, n = 8, α = 0,05, Jtabel = 4. Dari data tersebut diperoleh hasil bahwa J_hitung>J_tabel dimana 19 > 4 dengan demikian hipotesis diterima. Ini berarti hipotesis yang berbunyi pengaruh konseling kelompok teknik self-management terhadap minat belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 065 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK, SELF-MANAGEMENT, MINAT BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37004 |