LUBIS, AL MUHARRAM HIDAYATULLAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI (EBK) PADA PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133111004 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 5133111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
3. NIM 5133111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM 5133111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM 5133111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6. NIM 5133111004 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 5133111004 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5133111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM 5133111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM 5133111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM 5133111004 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw untuk hasil belajar mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada kompetensi Dasar Spesifikasi Bahan-Bahan Pekerjaan Konstruksi Gedung serta Perhitungan Biaya Material (Bahan) Pada Pekerjaan Konstruksi Gedung di Kelas XI DPIB Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan pada dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I Memahami spesifikasi bahan-bahan pekerjaan konstruksi gedung dan jalan jembatan dan pada siklus II Menghitung spesifikasi bahan-bahan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan. Hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian Siklus I nilai hasil belajar siswa rata-rata 79.24 dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70 dan pada hasil belajar Siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yaitu mencapai 85.60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan model pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 067 |
Keywords: | Kooperatif Type Jigsaw, EBK , Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37003 |