PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI (EBK) PADA PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019

LUBIS, AL MUHARRAM HIDAYATULLAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI (EBK) PADA PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5133111004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5133111004 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5133111004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5133111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5133111004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5133111004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5133111004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5133111004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5133111004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5133111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5133111004 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5133111004 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5133111004  ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5133111004 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5133111004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5133111004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5133111004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5133111004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5133111004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5133111004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5133111004 BIBLIOPGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5133111004 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw untuk hasil belajar mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada kompetensi Dasar Spesifikasi Bahan-Bahan Pekerjaan Konstruksi Gedung serta Perhitungan Biaya Material (Bahan) Pada Pekerjaan Konstruksi Gedung di Kelas XI DPIB Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan pada dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I Memahami spesifikasi bahan-bahan pekerjaan konstruksi gedung dan jalan jembatan dan pada siklus II Menghitung spesifikasi bahan-bahan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan. Hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian Siklus I nilai hasil belajar siswa rata-rata 79.24 dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70 dan pada hasil belajar Siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yaitu mencapai 85.60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan model pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BAN 067
Keywords: Kooperatif Type Jigsaw, EBK , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:26
Last Modified: 02 Mar 2020 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37003

Actions (login required)

View Item
View Item