SIMATUPANG, ARIS LABORA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5151111009. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 5151111009. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. 5151111009. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. 5151111009. PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. 5151111009. TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. 5151111009. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. 5151111009. TABLES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. 5151111009. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. 5151111009. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. 5151111009. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. 5151111009 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar- dasar kontruksi bangunan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Semester Ganjil T.A 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Prosedur tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dimana siklus pertama mempelajari sifat dan karakteristik kayu dan siklus kedua mempelajari pemeriksaan kayu secara visual. Hasil uji coba instrumen dilakukan sebelum memulai siklus I yaitu pada kelas XI BKP 2.
Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80% pada kelas dengan baik dalam pembelajaran dasar- dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah. Hal ini dapat diketahui dengan nilai rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa megalami peningkatan, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,87 %, yang meningkat menjadi 85%.pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata- rata 77,50 % dan pada siklus II meningkat menjadi 83,15%. Disimpulkan dari penelitian diatas dan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar- dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 068 |
Keywords: | Think Pair Share, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36979 |