TAMBA, NURAINUN (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH TINGKAT SMA PADA MATERI AWAL KEPENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3151121031 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 3151121031 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (966kB) | Preview
3. NIM 3151121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 3151121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 3151121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM 3151121031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 3151121031 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 3151121031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM 3151121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
10. NIM 3151121031 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
11. NIM 3151121031 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
12. NIM 3151121031 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 3151121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 31511210 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Salah satu penyebab kesulitan belajar peserta didik adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran. Komik sejarah merupakan salah satu media yang berpotensi untuk dijadikan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik sejarah dalam pembelajaran sejarah untuk tingkat SMA, untuk mengetahui kualitas media pembelajaran komik sebagai media pembelajaran ditinjau dari aspek validitas, dan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Komik sejarah berdasarkan respon peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan, subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA-1. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Adapun tahapan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi materi dan media pembelajaran masing-masing memperoleh persentase skor 93,75% dan 92,91%. Sementara hasil ujicoba produk/skala kecil dan ujicoba pemakaian/skala besar masing-masing menunjukkan persentase skor 87,18% dan 92,66%. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik ini sangat valid sehingga layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 SJRH 156 |
Keywords: | PENGEMBANGAN, MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN SEJARAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36962 |