KURNIA, RAHMAD BASYID (2019) STUDY KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X TEKNIK KENDERAAN RINGAN DI SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5152122007 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 5152122007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. NIM. 5152122007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 5152122007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM. 5152122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 5152122007 TABLES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM. 5152122007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 5152122007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
12. NIM. 5152122007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 5152122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi alat ukur ditinjau dari aspek kognitif dan indikator pembelajaran serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X TKR SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara random kelas dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesulitan belajar siswa yang tertinggi sampai terendah pada aspek kognitif yaitu C6,C4,C5,C3,C1 dan C2 sebesar 47,37%, 46,5%, 46,00%, 39,61%, 34,74% dan 26,53%. Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pada materi alat ukur yaitu indikator 1 sebesar 28,95% kategori sedang, indikator 2 sebesar 46,02% kategori sangat tinggi, indikator 3 sebesar 39,89% kategori tinggi dan indikator 4 sebesar 42,32% kategori tinggi. Faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan belajar dari persentase kesulitan belajar tertinggi sampai terendah yaitu keluarga (63,15%), minat (63,02%), sekolah (63,00%), psikologi (46,57%), metode mengajar (45,21%), materi (44,42%), motivasi (44,21%), media (44,21%), guru (44,12%), dan kesehatan (44,03%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 046 |
Keywords: | KESULITAN BELAJAR, ASPEK KOGNITIF, INDIKATOR PEMBELAJARAN, ALAT UKUR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36953 |