SANDI, MUHAMMAD (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF PADA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5152122004 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 5152122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
3. NIM. 51521202004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 5152122004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 5152122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 5152122004 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 5152122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM. 5152122004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
13. NIM. 5152122004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 5152122004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM. 5152122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar teknik dasar otomotif siswa kelas X TKR 1 SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Teknik Dasar Otomotif siswa melalui penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe Jigsaw.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan yang beralamat diJalan. Datuk Kabu No.99 Hutan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan subjek siswa kelas X TKR 1 yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakanPenelitian TindakanKelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki ativitas belajar yang sangat aktif, 0 orang siswa masuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase 0%, 17 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 56,66%, 8 orang siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 26,66% dan 5 siswa masuk dalam kategori kurang aktif dengan presentase 16,66%. Terjadi kenaikan pada siklus II sebanyak 15 siswa masuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase 50%, 10 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 33,33% , 5 siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 16,66%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang aktif.
Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 16 siswa (53,33%) yang tuntas menjadi 25 siswa (83,33%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75.
Dari perolehan hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, dapat disimpulkan bahwah Penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata PelajaranTeknik Dasar OtomotifPada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknologi dasar otomotif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 048 |
Keywords: | Hasil Belajar;Aktivitas Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36937 |