PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BOLERO SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN

SIMANGUNSONG, LASTRI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BOLERO SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5143141004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5143141004 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5143141004  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5143141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5143141004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5143141004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5143141004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5143141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5143141004  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5143141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5143141004  TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5143141004 TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5143141004  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5143141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5143141004  LIST OF CHART.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5143141004 LIST OF CHART.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5143141004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5143141004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 5143141004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 5143141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5143141004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5143141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 5143141004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 5143141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization. 2)Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ekspositori. 3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar membuat pola bolero siswa kelas XI SMK N 8 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan, Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak dua kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan menentukan kelas secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI Tata Busana 1 dan XI Tata Busana 5 dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen).
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan pola bolero kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan untuk kelas ekperimen cenderung tinggi yaitu 100%, dan tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan pola bolero kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan untuk kelas kontrol tergolong kurang yaitu 76.66 %. Untuk uji normalitas data menggunakan rurmus Liliefors pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 30 diperoleh data hasil belajar pembuatan pola bolero kelas eksperimen berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0.115 < 0.161) dan kelas kontrol berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0.086 < 0.161). Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1.1 < 1.8 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 47.3115025 > 3.466 pada taraf signifikan 0.05 dengan dk =58. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar pembuatan pola bolero kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) baik digunakan di SMK Negeri 8 Medan terutama dalam mata pelajaran Custom Made.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BSN 043
Keywords: Modelpembelajaran, Team Assisted Individulization, Membuat Pola Bolero
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:24
Last Modified: 13 Feb 2020 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36924

Actions (login required)

View Item
View Item